• MA NU NURUL HUDA SEMARANG
  • Terampil Cerdas Berakhlakul Karimah ala Ahlussunnah wal Jama'ah

Peringati Harlah ke-34, MA NU Nurul Huda Mangkang Kota Semarang Gelar Istighotsah

Semarang, 25 Januari 2021

Pandemi Covid-19 dengan berbagai pembatasannya tidak mengurangi kemeriahan penyelenggaraan peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-34 Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Nurul Huda Mangkangkulon, Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah. Ratusan siswa, alumni, dan masyarakat mengikuti peringatan tersebut, Senin (25/1).

Kepala MANU Nurul Huda Mangkangkulon Semarang, M Ahyar mengatakan, peringatan harlah ini tidak diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu mengadakan acara besar-besaran, lomba-lomba, bakti sosial di masyarakat, pawai, dan panggung kreatif.

"Karena adanya wabah corona, kita tidak bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti biasanya. Semoga kondisi ini bisa normal kembali dan anak-anak tambah sehat serta bersemangat belajar," katanya.

"Penyelenggaraan peringatan kali ini cukup dengan membaca istighotsah untuk meminta kepada Allah agar madrasah yang dipimpinnya tambah berkah dan bermanfaat bagi umat, termasuk permohonan agar bangsa Indonesia di beri keselamatan dari berbagai bencana," tambahnya.

Gelaran harlah ini dilaksanakan dengan durasi tidak lebih dari satu setengah jam. Para peserta yang mengikuti secara online tampak serius memperhatikan seluruh rangkaian acara yang meliputi istighotsah, tahlil, dan sambutan-sambutan ini. 

 

 

Dalam pelaksanaannya, peserta dari acara yang dipusatkan di ruang auditorium madrasah tersebut terbagi menjadi dua kelompok. Pertama adalah yang ada di ruang auditorium yang diikuti oleh para guru, tenaga kependidikan, dan unsur pengurus yayasan.

"Sementara kelompok satunya adalah yang mengikuti secara online dari tempat tinggal masing-masing, yang meliputi para siswa, alumni, dan tokoh masyarakat," ungkapnya.

Peringatan harlah ini tergolong meriah, karena banyak pihak turut berpartisipasi dalam acara istighotsah serta banyaknya ucapan selamat dari masyarakat serta tokoh di Kota Semarang.

"Selama mengikuti siaran langsung, seluruh siswa tetap berpakaian bernuansa putih. Mereka sangat ceria dalam menyambut harlah ini. Di penghujung acara, para peserta saling mengucapkan 'selamat harlah'," ujarnya.

Elite dan Merakyat

Diketahui, madrasah yang berakreditasi A tersebut di mata masyarakat sekitar tergolong elite. Meskipun terletak di pinggir Kota Semarang, namun masyarakat, khususnya Nahdliyin, merasa memilikinya.

"Kerja sama dengan masyarakat terus dilakukan. Majunya madrasah ini juga karena dukungan dari masyarakat," ujar Wakil Kepala (Waka) Hubungan Masyarakat (Humas) MANU Nurul Huda, Puji Handayani.

Namun demikian, di balik kesan elitenya, madrasah yang dikelilingi banyak pesantren ini juga tampak merakyat. "Kesan elite itu kan karena bangunan fisik dan lengkapnya fasilitas di sini, tapi hakikatnya tetap saja memperhatikan aspirasi masyarakat sekitar. Anak-anak sekitar, khususnya dari keluarga Nahdliyin harus mendapatkan pelayanan pendidikan di lembaga ini," tambahnya.

 

Penulis: Hasan Fauzy ( Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia )

Editor: Ahmad Hanan

Komentar

Jayalah mannda...

Alhamdulillah, semoga semakin berkah dan manfaat. Amin

Amin ya robbal 'alamin

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA)

Selasa, 22 Desember 2020, MA NU Nurul Huda Semarang mengikuti deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA) secara online. Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu turut hadir dan memb

08/01/2021 09:04 - Oleh Administrator - Dilihat 602 kali
Rapat Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021

Rabu, 30 Desember 2020, MA NU Nurul  Huda Semarang menyelenggarakan Rapat Awal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2020-2021di ruang aula lantai 2. Rapat yang dihadiri oleh seluruh staf

07/12/2020 09:10 - Oleh Administrator - Dilihat 528 kali
Penglepasan PPL di MA NU Nurul Huda

Dalam suasana pandemi covid 19, di MA NU Nurul Huda Semarang menggelar acara penglepasan PPL dari Universitas Wahid Hasyim Semarang. Acara dibuat sesederhana mungkin dan tetap menaati

04/12/2020 09:45 - Oleh Administrator - Dilihat 534 kali